Judul Proposal Penelitian

Kamis, 01 September 2011

PeneltianTindakan Kelas

Dalam membuat proposal atau skripsi PTK  kita harus bisa mengetahui aspek/kriteria apa saja yang akan dinilai hal ini untuk mempertimbangkan proposal ataupun skripsi yang telah kita buat supaya sesuai dengan unsur-unsur pada penilaian.Kriteria/aspek yang perlu diperdalam adalah :
1. Judul, harus singkat, jelas dan menggambarkan apa yang akan kita teliti. contoh Judul "Peningkatan hasil     belajar IPA dengan menerapkan pendekatan cooperative learning group investigation (GI) di kelas VI SDN 47 Adiwerna.(bobot 2)



2. Pendahuluan, A. Latar Belakang.Disini peneliti harus dengan jelas memberikan gambaran permaslahan yang dihadapi saat pembelajaran ( Bobot3).B.Rumusan masalah, disini kita membuat rumusan sesuai dengan gambaran dari permaslahan.Contoh: Apakah dengan menerapkan pembelajaran pendekatan cooperative learning group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VI SDN 47 Adiwerna?(bbt 1).C. Tujuan Penelitian.Sesusaikan dengan rumusan maslah.biasa untuk mengetahui peningkatan hasil belajr.bbt1.D.Manfaat penelitian.Disini kita menjelaskan tujuan secara praktis bagi murid,bagigurudan bagi sekolah(bbt 2)E.Batasan Istilah menyangkut dengan gambaran proposal kita,seperti cooperative learning,adalah...,IPA adalah...dst
Kajian Pustaka. Dsini kita memberikan gambaran dasar2 teori yg kita gunakan.Seperti dalam Buku yang sering dipakai Metodologi penelitian karya sukanto suharsimi.kamus poerwadarminta, depdiknas dll.sampai disini dulu ya capai ngetiknya.
Pada bagian kajian Pustaka/kajian teori,teori2 yang kita buat harus nyambung dengan judul proposal.contoh susunan yang harus kita buat pada Kajian Pustaka
A. Pembelajran IPA di SD
B. Pembelajaran kooperatif
C. Implementasi pembelajaran kooperatif Group investigation bbt22
dari pokok pembicaraan diatas kita jabarkan dan kita cari buku sumber sebagai referensi yang akan kita cantumkan juga pada daftar pustaka diakhir bab III pada Proposal PTK
Metodologi Penelitian. AJenis Penelitian, B. Waktu dan tempat Penelitian C. Instrumen Penelitian.D Prosedur Penelitian (Menyangkut Perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan analisis.
perlu kita ketahui bersama bahwa, penilai atau dosen pembimbing dan penguji memiliki persepsi yang sedikit berbeda pada satu proposal maka mahasiswa harus jeli membaca gaya berpikir dosen pembimbing dan penguji, jangan lupa kalau mau ujian berlatih dulu dengan kawan layaknya tim penguji bertanya agar tidak kaget, nervous, dan lupa bahaya kan kalau sampai lupa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar